Jumat, 15 Oktober 2010

Waspada Mesin Tak Mau Hidup

Khusus Untuk Vario Dan Beat

5440standart1.jpgSkubek macam Honda Vario, BeAt dan Scoopy juga Suzuki Skywave dan Skydrive 125 dilengkapi switch side stand. Di standar samping ada sakelar sebagai pengaman. Jika standar samping masih menjulur ke bawah, mesin tidak mau hidup meski distarter.

“Agar aman bila sewaktu-waktu tombol starter ditekan tak sengaja,” jelas Harsoyo, instruktur mekanik Suzuki Training Centre R2 PT Suzuki Namun karena kerap kena air atau debu, sakelar kerap macet. Mesin tidak mau hidup meski motor distarter. Untuk memastikan sakelar di standar yang enggak beres cara ngeceknya gampang.5441standart2.jpg

Kunci kontak di-ON-kan. Jika hanya tombol starter tidak aktif, sementara tombol klakson, indikator bensin dan sein tetap fungsi dipastikan switch side stand bermasalah. Atau dari switch lampu rem yang problem.

“Memang benar. Kadang bila motor tidak bisa dinyalakan kadang komponen lain yang disalahkan. Padahal bisa jadi penyebabnya dari swicth side stand atau switch lampu rem yang sudah rusak,” lanjut pria berkantor di Kawasan Industri Pulogadung ini.

Namun Harsoyo mewanti kalau peranti ini sangat jarang rusak, kecuali bila di dalam sirkuitnya bermasalah. Pasalnya, komponen ini benar-benar diracik tahan segala medan.

Makanya biar nggak salah tuduh dan sebelum bongkar komponen lain yang tidak rusak, saran Harsoyo ada baiknya cek part itu dengan cermat. Tentu dengan bantuan alat multitester.

0 komentar:

Posting Komentar