Jumat, 15 Oktober 2010

Honda Tiger

0 komentar

Sepul Lemah, CDI Shogun Obatnya

5554kiprok-tiger-adib-1.jpgArdy Bridjal Hanafie atau Mas Boy makanik Boy Motor Sport layak disebut moncer alias montir cemerlang. Beragam masalah di motor mudah dan encer diatasi.

Nah, yang masih hangat baru aja selesaikan pengapian Honda Tiger. “Tiger yang sepul CDI (masih AC) sudah lemah sehingga percikan api busi kecil atau mati total, alternatifnya silakan ganti CDI Shogun5555kiprok-tiger-adib-2.jpg (arus DC) unlimiter. Kebetulan jalur dan soket kabelnya sama,” urai warga Pondok Sukatani Permai, Jl. Marquisa VII, No. 4, Cimanggis, Depok.

Tidak perlu ganti sepul karena CDI Shogun lebih murah. Harga sepul original Tiger 2000 (lama) sekitar Rp 460 ribu. Sedang CDI Shogun asli SGP harganya cuma Rp 34O ribu.

Tapi, meski jalur dan soket kabel sama, bapak dua anak ini bilang tetap ada kabel dari sepul musti diatur ulang lagi. Apalagi kitiran sepul Tiger 2000 awalnya arus AC jadi DC yang konstan dari aki alias full DC.

Untuk mengatur ulang caranya mudah. Tinggal ubah kabel warna hitam strip merah dari sepul (awalnya ke CDI Tiger) ke kabel hitam polos (arus positif) dari kunci kontak. Jelasnya, kabel hitam strip merah dipotong dulu. Kasih jarak sekitar 5 cm, lalu sambung dengan penambahan kabel baru kurang-lebih 4O cm.

Lanjut! Dari kabel tambahan tadi dijumper ke kabel hitam polos di kabel bodi Tiger paling dekat. "Silakan ambil dari soket flasher lampu sein yang ada di sebelah kanan motor,” wanti bapak yang hoiy berat mancing ikan tawar maupun laut.

OPTIMALISASI PER KOPLING STANDAR SATRIA F-150

1 komentar

Biar Tekanan Lebih Mantap

3695hal14_koplingfu_boyo1.jpgBagi Didi Nurhadi yang mekanik dari bengkel D2M di Jl. Kapin, No. 1 Kalimalang, Jakarta Timur, per kopling standar Suzuki Satria F-150 bisa ditingkatkan. "Enggak perlu ganti pegas racing tapi efeknya bisa sama. Keunggulan lain, per tetap awet," kata Didi.3696hal14_koplingfu_boyo2.jpg

Langkah yang dilakukannya adalah memberikan semacam ring tambahan. Ring ini berfungsi menggajal per kopling di bagian bawah. "Kalau bahasa mekaniknya di kaki 5 rumah koplingnya," kata mekanik yang selalu pakai topi pet ini.

Ring tadi punya tebal 4,5 mm dan dibuat dari bahan bronz. "Bahan itu kuat, tahan tempa," alasan lajang ini lagi

Jadi, "Saat tuas kopling ditekan tetap ringan tapi baliknya terasa cepat. Itu efek yangg kita rasakan di tangan," tutupnya sambil pastikan kalau akselerasi juga jadi bakal semakin oke.

Perawatan Chrome Agar Selalu Kemilau

0 komentar

Modifikasi Motor :

Memodifikasi tunggangan dengan konsep cilong (chrome) pasti membuat semua mata ingin melihatnya. Tampilan yang bersih dan mengkilat memang menjadi daya tarik tersendiri. Tapi bagaimana dengan perawatannya?
Melakukan perawatan pada chrome itu memang tidak terlalu susah. Perawatan yang extra dilakukan pada masa musim penghujan, hal ini dikarenakan kandungan asam pada air hujan cukup tinggi. Sehingga dapat menimbulkan bercak atau noda bila tidak langsung dibersihkan.
Untuk melakukan perawatan setelah terkena air hujan cukup dengan langsung mencucinya dengan shampo mobil atau dengan shampo rambut. Kemudian bilas dengan air bersih dan dikeringkan dengan lap bersih. Jangan di cuci dengan menggunakan sabun deterjen atau sabun colek. Karena kandungan asamnya cukup tinggi.
Untuk bahan yang digunakan merawat chrome bisa menggunakan bubuk magnesium yang terdapat di toko bahan kimia. Namun kalau tidak ada cukup dengan bedak bayi. Cara perawatannya cukup dengan ditaburkan secara merata keseluruh permukaan yang ada lapisan chrome. Kemudian di lap dengan kain berbahan lembut atau chamois/kanebo yang kering.
Untuk pertolongan pertama bila terdapat bercak bekas air hujan bisa di bersihkan dengan minyak kayu putih. Tuangkan minyak kayu putih ke lap kain yang bersih kemudian gosokkan ke seluruh permukaan yang kotor dan dibiarkan menguap.
Dengan melakukan perawatan yang cukup sederhana diatas namun dilakukannya secara intensif bisa membuat kilau chrome pada motor anda akan lebih terjaga.

Related Search Article:

chrome motor,cara chrome motor,motor chrome,bandung modifikasi motor chrome,modif crom motor,modifikasi motor crom,Motor crom,motor bersih karena di krom,modifikas imotor crom,modif motor krom,pembuatan krom motor,merawat crom,tips merawat chrome krom,lapisan chrome motor,crome motor,crom motor,cara bikin krom motor,cara buat chrome motor,cara krom motor,cara merawat chrome,cara merawat krom apabila terkena air hujan,cara pembuatan chrome pada motor,cara perawatan chrome motor,cara perawatan motor crome,Carabuatchrome,chroem motor,chroome motor,tips merawat chrome motor

































GANJAL PER SLIDING SHEAVE CVT

0 komentar


5769hal14_ganjalcvt1.jpgLantaran terlalu keras, bagian bawah ulir per sliding shave CVT skubek garapan Sepri, melintir keluar. Analisisnya, ketegangan per diseting terlalu keras dari biasa. Juga setelah diganjal ring terlalu tebal.

"Putaran mesin bore up tidak mampu tersalur sempurna ke kopling sentrifugal untuk memutar girboks. Efeknya ke per,” ujar Sepri mekanik CLD Anjani R9 Racing yang motornya digas Bram Prasetya.5770hal14_ganjalcvt2.jpg

Jurus Sepri ganjal per dengan ring punya maksud. Daya tekan per lebih kuat, agar putaran mesin bore up gak bikin kerja kampas kopling sentrifugal lambat bergerak maupun saat balik. Tenaga yang tersalur ke girboks lewat CVT minim jeda.

Trik ini juga banyak diterapkan di motor harian. Tujuannya agar akselerasi lebih ringan. Namun roller kudu diseting ulang. Roller juga harus diganti lebih berat.

Namun bagi yang tidak mau main ganjal, silakan ganti pegasnya aja. Banyak kok yang jual versi variasinya. Ada buatan CLD, Kawahara atau TDR.

Tingkatan kekerasannya 1.500 dan 2.000 rpm. Makin gede angkanya, berarti makin keras. Otomatis juga, tarikan jadi lebih enteng. Namun begitu, biasanya roller minta yang lebih bera

Waspada Mesin Tak Mau Hidup

0 komentar

Khusus Untuk Vario Dan Beat

5440standart1.jpgSkubek macam Honda Vario, BeAt dan Scoopy juga Suzuki Skywave dan Skydrive 125 dilengkapi switch side stand. Di standar samping ada sakelar sebagai pengaman. Jika standar samping masih menjulur ke bawah, mesin tidak mau hidup meski distarter.

“Agar aman bila sewaktu-waktu tombol starter ditekan tak sengaja,” jelas Harsoyo, instruktur mekanik Suzuki Training Centre R2 PT Suzuki Namun karena kerap kena air atau debu, sakelar kerap macet. Mesin tidak mau hidup meski motor distarter. Untuk memastikan sakelar di standar yang enggak beres cara ngeceknya gampang.5441standart2.jpg

Kunci kontak di-ON-kan. Jika hanya tombol starter tidak aktif, sementara tombol klakson, indikator bensin dan sein tetap fungsi dipastikan switch side stand bermasalah. Atau dari switch lampu rem yang problem.

“Memang benar. Kadang bila motor tidak bisa dinyalakan kadang komponen lain yang disalahkan. Padahal bisa jadi penyebabnya dari swicth side stand atau switch lampu rem yang sudah rusak,” lanjut pria berkantor di Kawasan Industri Pulogadung ini.

Namun Harsoyo mewanti kalau peranti ini sangat jarang rusak, kecuali bila di dalam sirkuitnya bermasalah. Pasalnya, komponen ini benar-benar diracik tahan segala medan.

Makanya biar nggak salah tuduh dan sebelum bongkar komponen lain yang tidak rusak, saran Harsoyo ada baiknya cek part itu dengan cermat. Tentu dengan bantuan alat multitester.

Elektrik Starter ON Terus

0 komentar


5701starter-on-terus-adib-1.jpgPasti panik kalau dinamo starter mendadak ON terus. Padahal kunci kontak sudah di posisi OFF, tapi komponen pemutar mesin itu masih tetap aja berputar.

“Gejala ini tidak lain ulah dari bendik starter atau peranti penghubung dan pemutus arus ngambek. Alhasil, setrum dari aki yang di by pass ke motor starter tidak mau diputus. Khawatir terjadi korslet atau kebakaran,” papar Slamet, mekanik Selta Motor.

Pengalaman Slamet, bendik ngadat kerap dipicu batang penghubung setrum otomatis di dalam bendik mulai berka–rat. Paling parah, lilitan gulungan kawat ada yang korslet atau lemah. Akibatnya batang penghubung sulit balik dan setrum dari aki sulit dibendung.
5702starter-on-terus-adib-2.jpg
Langkah awal mengantisipasinya dengan memutus setrum langsung dari aki, bukan dari kunci kontak. Sebab tombol starter hanya berfungsi sebagai pemicunya. “Bisa dengan melepas kabel setrum dari baut di terminal positif-negatif aki, atau melepas baut masa yang ada di bodi motor starter. Pilih yang ruangnya lebih lega dan mudah dijangkau," lanjut mekanik di Jl. Batu Ampar III, Condet, Jakrta Timur ini.

Antispasi lain bersihkan batang penghubung yang mulai karat atau kotor. Tapi pekerjaan ini hanya bisa diker-jakan mekanik ahli kelistrikan. Sebab yang diperbaiki bukan cuma part mekanisnya, tapi juga kelistrikannya.“Kalau mau aman mending beli bendik baru

Memasang Bohlam indikator

0 komentar


5438lampucabe1.jpgDi dalam batok lampu bukan cuma ada bohlam ukuran besar terpasang di reflektor. Untuk menerangi panel instrumen di dasboard, juga tersedia bohlam ukuran kecil. Oleh orang bengkel atau mekanik umum, part itu kerap disebut bohlam cabe. Mungkin karena bentuk dan ukurannya kecil seperti cabe dan cahayanya lumayan jelas.

Namun karena ukurannya kecil sehingga proses pemasangan ke terminal bohlam jadi sangat sulit. Pada saat bohlam cabe alami korslet hingga kawat di dalam bohlam putus, untuk lakukan perbaikannya pun harus ektra hati-hati.

“Usahakan saat mengeluarkan bohlam cabe dari rumah terminal bermaterial karet, jangan tarik dari kabel yang keluar. Kalau kabel putus karena ditarik paksa, repotnya penjepit kaki bohlam di terminal susah dikeluarkan,” terang Maman Sugiman alias Boim, kepala instruktur sekolah mekanik Hartomo Mechanical Training Centre (HMTC) di Jl. Tole Iskandar, Depok.5439lampucabe2.jpg

Dijelaskan Boim, untuk mengeluarkan bohlam cabe putus di dalam dasboard memang beda dengan melepas bohlam lampu utama yang punya ukuran lebih besar. Soale, bohlam lampu utama biasanya lebih dulu dipasang di lubang rumah reflektor, lalu diperkuat dengan dikunci pakai fiting lampu.

“Fiting lampu dari bahan pelat kan ada kakinya. Ada kaki 3 atau 4. Bahkan ada juga bohlam lampu utama yang diikat lebih dulu di fiting lampu macam Suzuki Thunder 125. Lantas kaki fiting lampu diselipkan di lubang reflektor sebagai penguncinya,” imbuh Indra, mekanik Abdi Jaya Mandiri di Jl. Raya Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Berbeda dengan cara lepas bohlam cabe yang terminalnya dari karet tanpa ada tanda pengunci. Terminal karet kemudian ditancapkan dalam-dalam di lubang rumah bohlam yang mengarah ke dasboard. Sedang penguncinya hanya andalkan kesetnya karet di lubang rumah bohlam yang berukuran diameter sedikit lebih besar.

Lantas untuk mencabut terminal karet bohlam cabe dari lubang fiting, Indra pun kasih trik. Jurus ini dimasudkan agar kabel bohlam tidak gampang putus, serta mempemudah porses mengeluarkan terminal tanpa merusak.

“Gampang sih. Awalnya, coba dicungkil pantat terminal pakai obeng min sekelilingnya perlahan agar tidak merusak. Lanjut pantat terminal yang sedikit nongol digoyang-goyang sampai keluar hingga tampak bohlam cabenya,” imbuh Indra dan Boim.

Begitu juga langkah sebaliknya jika bohlam cabe sudah diganti. Tapi, kalau ada terminal bohlam cabe yang ada gambar penguncinya atau lock, cara goyang terminal jangan dilakukan. Sebab, proses pengunci cukup dengan cara memutar terminal ke arah kiri atau kanan.